Rabu, 24 Desember 2008

Nyoblos Lewat SMS? Kenapa Tidak



Belakangan ini di berbagai media ramai diberitakan mengenai kontraversi pengharaman golput (orang yang tidak menggunakan hak pilihnya) dalam pemilu mendatang. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan orang tidak memilih antara lain karena memang tidak ada pilihan, ada kesibukan lain maupun malas ke TPS.

Untuk mengantisipasi masalah golput karena kesibukan atau malas antri sebenarnya dapat mempergunakan bantuan teknologi. Apabila pengambilan suara dapat dilakukan melalui internet atau ponsel maka golput kemungkinan bisa ditekan lebih sedikit. Terutama bagi pemilih pemula pasti lebih suka nyoblos menggunakan sms daripada pergi ke TPS.

Pemilu lewat ponsel saat ini baru diterapkan di Estonia untuk pemilu tahun 2011 mendatang. Cara ini sudah dimasukkan dalam undang-undang Estonia sebagai salah satu cara untuk melakukan pemilihan disamping pemilihan secara manual atau dengan internet.

Sistem pemilu lewat ponsel ini dilaksanakan dengan sebuah simcard khusus. Jadi pemilih akan diberi simcard secara gratis yang bisa dipergunakan untuk memilih. Simcard akan mengklarifikasi identitas pengguna apakah sesuai dengan data pemilih atau tidak. Sistem ini diklaim aman dan efektif berdasarkan audit perusahaan keamanan independen di negara tersebut.

situs pembuat idcard

Gambar situs untuk membuat KTP secara online di Estonia.

Sebelumnya Estonia juga telah sukses mengadakan pemilu lewat internet. Pemilih bisa ikut memilih secara online dengan menggunakan KTP yang dimasukkan ke dalam alat pemindai yang terpasang di PC. Pemilu online tersebut terbukti aman dari serangan hacker, penyalahgunaan identitas serta manipulasi suara. (Sumber: The Assosiated Press )

Bagaimanakah dengan Indonesia? Ternyata Indonesia juga tidak kalah dengan Estonia. Di negara kita sudah mempergunakan sarana ponsel untuk pemilu. Akan tetapi tidak untuk menentukan pilihan, melainkan sebatas untuk iklan alias kampanye saja.

Mungkin pada perkembangannya kedepan, pelaksanaan pemungutan suara di Indonesia dapat juga dilaksanakan lewat ponsel. Mirip-mirip dengan pemilihan Idol di televisi. Ketik REG(spasi)Parpol pilihan Anda(spasi)password kirim ke 12345. Agar aman dari kecurangan, setiap pemilih harus mendaftarkan nomornya serta memperoleh pin/password yang dapat digunakan untuk memilih. Atau apabila punya dana lebih bisa mempergunakan simcard khusus seperti di Estonia.

Akan tetapi semua inovasi tersebut bisa terwujud tergantung keinginan peserta pemilu ataupun pemerintah :D

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar