Jumat, 28 Agustus 2009

Forum Dakwah Kampus Demo Dubes Cina


Lima ratusan aktivis Forum dakwah kampus yang tergabung dalam FSLDK se Jakarta, Depok, Bekasi, dan Banten; siang ini akan menggelar aksi demo di Kedutaan Besar Cina di Jakarta. Selain dubes Cina, aksi yang diikuti oleh aktivis mahasiswa UI, UPN Veteran, UP, Untirta, UIN Syarif Hidayatullah, STTDI Al Hikmah, PNJ, UNJ, APP dan kampus lain akan melakukan longmarch ke Dubes Jerman, bundaran Hotel Indonesia dan diteruskan ke Istana Negara.
Di antara agenda aksi, mereka menuntut pemerintah Cina untuk menghentikan segala bentuk penindasan terhadap muslim Xinjiang di Cina. ”Kita menginginkan tidak ada lagi darah yang tertumpah di Xinjiang. Jika memang daerah tersebut merupakan sebuah daerah otonom, maka sudah sewajarnya daerah tersebut merupakan daerah khusus dalam sistemnya dan bukan dalam bentuk intervensi pemerintah yang semakin luas terlebih kepada hak-hak individual yang justru makin dibatasi. Perlu adanya sebuah jaminan akan hal tersebut,” tulis rilis tersebut yang dikirim ke Eramuslim.
Selain demo soal Xinjiang di Cina, aksi juga ditujukan ke Dubes Jerman. Rencananya, mereka akan menyampaikan protes terhadap pemerintah Jerman yang terkesan membiarkan terjadinya pembunuhan terhadap Marwa el-Shabrani karena mempertahankan jilbabnya.
Menurut Faiz Husnayain selaku Korlap Aksi, "Sudah saatnya menyuarakan isi hati kita terhadap penindasan yang selama ini terjadi pada saudara kita di belahan bumi lain." (mnh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar