Rabu, 26 Agustus 2009

Microsoft Akan Siarkan Acara TV Online Gratis

Microsoft Akan Siarkan Acara TV Online Gratis


Sebentar lagi, jutaan penonton akan dapat melihat siaran acara TV online gratis

Hidayatullah.com--Layanan Microsoft ini akan diluncurkan dalam beberapa hari ke depan. Layanan ini mirip dengan Spotify, provider musik online gratis yang menggalang dana dari iklan.

Program ini akan dapat disaksikan oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet yang cepat.

Perusahaan perangkat lunak raksasa ini telah menandatangani hingga 350 jam program acara, seperti Shameless, Skins, Peep Show dan The Young Ones, serial komedi milik BBC, serta program-program realita lain.

Di awal tiap program, penonton akan disajikan 30 detik iklan. Dan layaknya acara TV, iklan akan diselingi di sela-sela acara.

Layanan yang akan tampil di situs MSN milik Microsoft ini akan dapat disaksikan melalui layar komputer. ”Kualitas gambarnya dibanding televisi biasa tidak jauh berbeda,” kata Microsoft.

 “Kami ingin membuat layanan ini semudah mungkin,” kata Robert Crossen dari MSN. “Pengguna cukup menonton 30 detik iklan sebelum acara sebenarnya, dan selanjutnya akan ada jeda iklan seperti yang ditampilkan TV biasa. Pengguna dapat menyaksikan video dengan layar penuh alias full screen.”

Microsoft menandatangani kerja sama dengan BBC Worldwide dan All3 Media sehubungan dengan layanan ini dan mungkin akan segera menggandeng raja game Xbox sehingga pengguna juga dapat mengakses layanan televisi ini melalui Xbox 360.

Perusahaan perangkat lunak ini berjanji akan menggandeng lebih banyak provider bermutu selama beberapa minggu ke depan. Pihaknya telah menjual seluruh reklamenya pada awal enam bulan masa percobaan layanan ini.

“Layanan kami lebih unggul dibanding jasa layanan seperti yang ditawarkan iPlayer,” kata Crossen. “Tidak hanya dapat menyaksikan episode terbaru, Anda dapat melihat episode-episode sebelumnya dari serial apa saja.”

 “Namun, kuncinya adalah mutu, dan Anda harus bersaing dengan iPlayer, inilah yang sulit dilakukan.”

 “Microsoft juga perlu memastikan bahwa mereka dapat menarik cukup pemasang iklan, atau keseluruhan proyek ini akan gagal. Namun tidak ada keraguan banyak orang yang menonton TV melalui komputer mereka, dan karenanya hal ini akan berkembang menjadi pasar yang luas.”

Rivalnya Hulu, yang beroperasi dengan model serupa di AS, juga dipercaya akan menggandeng partner hiburan di Inggris, sehingga dua jasa layanan ini akan bersaing ketat.

Diperkirakan Hulu akan menawarkan paduan acara AS dan Inggris. Di AS sendiri programnya sudah mencakup seluruh jaringan besar di AS, termasuk The Simpsons.

Microsoft juga akan berkompetisi dengan Apple, yang menjual acara televisinya melalui softaware iTunes dengan biaya 2 dollar US tiap programnya. [epoc/erb/www.hidayatullah.com]
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar