Selasa, 18 Agustus 2009

Virus Worm Incar Messenger

Virus Worm Incar Messenger


Program instant messenger (IM) yang tengah populer di kalangan pengguna internet tampaknya bakal jadi sasaran empuk virus-virus jenis worm. Setelah lama membidik program email, para pembuat virus worm tampaknya akan mulai membidik layanan IM.Demikian diberitakan Zdnet.com, Rabu (15/8/2001).

Akhir Juni 2001 lalu, sebuah virus worm bernama "Choke" melakukan serangan terhadap MSN messenger, jaringan IM milik Microsoft Corp. Sebulan sebelumnya, virus sejenis berkode W32/Hello juga menyerang jaringan yang sama.

Kalangan ahli keamanan komputer menilai kewaspadaan terhadap serangan semacam ini masih sangat kurang. Padahal bukannya tidak mungkin serangan virus worm akan menyerang jaringan IM yang lain, semisal AOL Instant Messenger (AIM) dan ICQ milik AOL Time Warner atau Yahoo Messenger milik Yahoo.

Kalangan pembuat virus saat ini tengah merancang sebuah virus worm yang dapat menyerang berbagai jenis jaringan IM, termasuk sistem pertukaran file peer-to-peer dan sistem wireless. Namun hingga saat ini memang belum ada jenis yang seeektif virus worm yang menyebar melalui program email semisal virus cinta, Anna Kournikova dan Melissa.

Chief Technology Officer (CTO) Privacy Foundation, Richard Smith, menegaskan, email saat ini masih merupakan wahana paling efektif untuk menyebarkan email. Namun kalangan ahli keamanan komputer mengingatkan, serangan masif virus worm melalui jaringan IM hanyalah soal waktu.

Saat ini puluhan juta user di internet telah menggunakan IM untuk melakukan komunikasi secara real time. Layanan ini diprediksi akan menjadi program paling populer di internet dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar