Selasa, 18 Agustus 2009

Perpustakaan Nasional Inggris Online-kan Al-Quran 700 Tahun


Perpustakaan Nasional Inggris Online-kan Al-Quran 700 Tahun


Sebuah Al-Quran berumur 700 tahun, saat ini dapat dilihat secara online di internet. Perpustakaan Nasional Inggris meng-online-kannya bersama beberapa kitab suci kuno agama lain. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (5/9/2002).

Al-Quran yang berasal dari awal abad ke-14 Masehi itu bisa disimak di www.bl.uk/collections/treasures/treasures.html#. Al-Quran kuno yang dikenal dengan nama Quran Sultan Baybar ini ditulis dengan emas pada 1304-1306 atas perintah Sultan Rukn al-Din Baybars al-Jashnagir dari Dinasti Mamluk, penguasa Mesir saat itu.

Quran ini merupakan hasil karya terbaik dari jamannya dan dibuat dalam tujuh buku terpisah.

Perpustakaan Nasional Inggris menampilkan Al-Quran tersebut dalam bentuk 3D interaktif menggunakan program Shockwave. Dengan program ini, pengakses dapat membalik-balik halaman Al-Quran dengan mengklik tombol navigasi. Tiap-tiap halaman dilengkapi dengan keterangan dalam teks Bahasa Inggris yang juga dapat ditampilkan dengan suara berlogat British English yang kental.

Tiap-tiap halaman juga dapat di-zoom dengan mengklik halaman tersebut. Tampilan yang lebih besar itu akan tampil di sebelah kanan layar lengkap dengan pilihan suara yang akan membacakan surat-surat pada halaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar